8 Kuliner Khas Madura Yang Nikmat

Madura merupakan pulau yang terletak di sebelah timur laut pulau Jawa yang termasuk ke dalam wilayah provinsi Jawa Timur. Pulau ini memiliki luas sekitar 4 ribu kilometer persegi dengan penduduk lebih dari 3,7 juta jiwa. Mayoritas penduduk yang tinggal di Madura dan pulau kecil di sekitarnya adalah suku Madura yang memiliki beragam kebudayaan unik.

Orang-orang Madura memiliki banyak kebudayaan unik dimana beberapa diantaranya adalah karapan sapi serta budaya kuliner khas Madura yang terkenal. Kuliner Madura merupakan salah satu kuliner yang banyak tersebar serta mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Berbagai jenis kuliner khas Madura tersebut biasanya memiliki cita rasa perpaduan antara asin gurih dan cenderung pedas.

Berikut adalah 8 kuliner khas Madura yang nikmat dan wajib dicoba ketika berkunjung ke pulau penghasil garam tersebut:

Sate Madura

Sate Madura adalah salah satu kuliner khas dari Madura yang paling mudah ditemukan. Makanan ini menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya yang diberi bumbu sate khas Madura. Bumbu tersebut terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan dan diberi rempah lainnya serta kecap.

Soto Madura

Soto Madura merupakan jenis soto khas dari Madura yang tak kalah terkenal dari sate Madura. Bahan utama yang digunakan untuk soto Madura adalah daging sapi yang disiram kuah bening. Untuk kuahnya, soto Madura menggunakan kaldu daging yang ditambahkan dengan berbagai jenis bumbu tanpa santan.

Bebek Songkem

Salah satu hidangan khas Madura yang menggunakan olahan daging bebek adalah bebek songkem. Bebek songkem dibuat dengan mencampurkan bebek dengan berbagai bumbu rempah ditambah dengan cabai. Setelahn itu, bebek kemudian dikukus dengan menggunakan daun pisang seperti pepes hingga matang.

Nasi Serpang

Nasi Serpang merupakan sejenis nasi campur khas dari dusun serpang di wilayah Bangkalan. Satu porsi nasi serpang biasanya terdiri dari nasi ditambah dengan soun, serundeng, telur asin. Kemudian ditambahkan suwiran daging, rempeyek serta tambahan berbagai jenis pepes seperti tongkol atau udang.

Sate Lalak

Selain sate Madura, Madura juga memiliki jenis sate lainnya yaitu sate lalak atau sate lalat. Jenis sate ini menggunakan daging kambing atau ayam yang dipotong kecil sehingga mirip lalat. Untuk bumbu yang digunakan sama dengan sate Madura yaitu menggunakan bumbu kacang dan kecap.

Soto Campor

Di Madura, selain soto Madura, ada jenis soto unik khas Sumenep bernama soto Campor. Hidangan ini memiliki kuah yang memadukan bumbu kacang dan santan sehingga memiliki rasa yang gurih. Seporsi soto campor berisi lontong, soun, singkong rebus, daging dan jeroan lalu disiram kuah kacang.

Bebek Sinjay

Olahan daging bebek lainnya yang juga sangat terkenal di Madura adalah bebek sinjay. Sajian bebek sinjay merupakan jenis bebek goreng pada umumnya namun memiliki tekstur yang lembut. Seporsi bebek sinjay biasanya dihidangkan bersama dengan nasi hangat, kremesan, lalapan, serta sambal mangga.

Nasi Petis

Bangkalan juga memiliki jenis kuliner lain yang mirip nasi Serpang yaitu nasi petis. Porsi nasi petis ini cukup banyak yang terdiri dari nasi dengan lauk melimpah. Lauk tersebut terdiri dari dendeng, jeroan, telur rebus dan disiram dengan kuah yang dicampur petis.

Beberapa sajian diatas kadangkala juga sering dihidangkan sebagai sajian pesta dan biasanya dimasak dalam porsi yang besar. Untuk memasak dalam porsi besar, biasanya digunakan alat memasak khusus yang banyak dijual di berbagai toko mesin pengolah makanan. Dengan menggunakan alat memasak tersebut, hidangan yang dimasak dalam porsi besar lebih terjaga kualitas serta rasanya.