9 Cara Mempercepat Windows 10

Apakah Anda memiliki masalah dengan Windows 10 seperti kinerja lebih lambat? Jika jawabannya adalah ya, Anda harus membaca artikel ini sampai akhir, karena dokumen ini akan memberi Anda solusi ketika mempercepat Windows 10.

Kinerja pada Windows 10 yang terasa lambat dapat terjadi karena beberapa faktor, mulai dari kesalahan manusia atau sistem Windows 10. Oleh karena itu, langkah-langkah yang benar diperlukan untuk Windows 10 untuk berjalan di laptop Anda / Komputer menjadi lebih cepat dan lebih lambat.

Cara Mempercepat Windows 10

Ada beberapa cara yang harus Anda pertimbangkan untuk cara mempercepat Windows 10 di laptop / komputer Anda. Mari kita simak penjelasannya sampai akhir.

1. Mematuhi standar persyaratan sistem

Hal-hal yang harus diingat pengguna sebelum menggunakan Windows 10 agar kinerja laptop / komputer mereka baik adalah mengamati spesifikasi laptop. Dikutip melalui situs resmi Microsoft, berikut ini adalah standar perangkat keras yang diperlukan untuk menginstal Windows 10, yaitu:

  • Prosesor: 1 GHz.
  • RAM: 2 GB untuk 64 bit dan 1 GB untuk 32 bit.
  • Ruang hard disk: 20 GB untuk 64 bit dan 16 GB untuk 32 bit.
  • Kartu grafis: kompatibel dengan DirectX 9 atau lebih baru dengan driver WDDM 1.0.
  • Layar: 800 × 600.

Bagi Anda yang awalnya menggunakan Windows 7 atau 8 dan akan meng-upgrade ke Windows 10. Kami sarankan Anda melihat dulu spesifikasi laptop Anda untuk kinerja terbaik.

Meskipun dalam beberapa kasus, Windows 10 dapat berjalan di bawah standar yang ditentukan. Namun, untuk mendapatkan kinerja terbaik saat menggunakan Windows 10, lebih baik memenuhi standar di atas agar dapat berjalan dengan lancar.

2. Pembaruan perangkat keras

Jika Anda sudah tahu standar yang ditetapkan untuk kinerja terbaik di Windows 10 dan laptop / komputer. Namun, itu tidak memenuhi standar ini. Maka Anda harus melakukan pembaruan perangkat keras. Anda dapat memperbarui prosesor, RAM, VGA atau hard disk. Untuk kinerja terbaik, Anda disarankan menggunakan SSD.

3. Nonaktifkan aplikasi latar belakang

Aplikasi yang berjalan di latar / latar belakang, tentu saja mengkonsumsi sumber daya RAM, baik aplikasi desktop maupun aplikasi modern. Untuk aplikasi desktop, Anda dapat menonaktifkannya melalui Task Manager dan untuk aplikasi modern Anda dapat menonaktifkannya melalui halaman di pengaturan.

Anda juga harus tahu bahwa, rata-rata, aplikasi Windows 10 modern dapat mengkonsumsi bandwidth secara diam-diam dan tanpa peringatan. Dengan menonaktifkan aplikasi modern, Anda tentu dapat menghemat bandwidth internet.

4. Nonaktifkan efek visual

Jika Anda lebih mementingkan kinerja daripada layar di Windows 10, Anda dapat menonaktifkan efek visual. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan kinerja dan kecepatan di Windows 10.

Caranya adalah dengan membuka Windows + Run (Winkey + R)> Kemudian ketik Advanced System Properties> Setelah itu, pilih menu Perfomance> Settings.

5. Copot aplikasi yang tidak digunakan

Salah satu cara untuk menghemat penyimpanan data dan, pada saat yang sama, meningkatkan kinerja Windows 10 adalah dengan menghapus atau menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Terutama jika Anda adalah pengguna laptop / OEM yang umumnya memiliki banyak perangkat lunak buatan pabrik.

6. Nonaktifkan aplikasi startup

Ada beberapa aplikasi yang berjalan secara otomatis ketika laptop / komputer Anda baru saja dihidupkan. Ini akan mempengaruhi kecepatan sistem saat startup.

Bahkan dari itu, Anda dapat membuktikan bahwa solusi yang kami sediakan adalah menonaktifkan aplikasi startup yang tidak perlu. Caranya adalah Anda bisa masuk ke Task Manager> Kemudian arahkan ke tab Home> Run.

7. Aktifkan cache tulis disk

Anda dapat mempercepat Windows 10 dengan mengaktifkan cache tulis disk. Metode ini dapat menggunakan RAM sebagai penyimpanan / cache data sementara sebelum akhirnya dikirim ke Disk. Untuk membuat manajemen RAM lebih efisien.

Sebenarnya, mengaktifkannya sangat mudah. Langkah pertama adalah membuka Device Manager> Disk drive> Setelah itu, klik kanan pada Properties> Lalu pergi ke tab Kebijakan> Periksa opsi Aktifkan caching tulis pada perangkat ini> Kemudian lakukan klik OK.

8. Analisis antivirus dan malware rutin

Memiliki virus atau malware pada sistem juga merupakan salah satu penyebab utama penurunan kinerja sistem Windows 10. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memeriksa dengan Antivirus secara teratur. Ada banyak antivirus yang dapat Anda gunakan, dari yang gratis hingga yang berbayar. Atau Anda juga bisa menggunakan antivirus default adalah Windows Defender.

9. Perbarui Windows 10 dan driver

Cara terakhir untuk mempercepat Windows 10 adalah memperbarui sistem dan driver Windows 10. Jika Anda melakukan pembaruan dan driver Windows 10 secara teratur, tentu akan sangat berguna untuk meningkatkan kinerja laptop Anda sekaligus juga mengurangi celah komputer. kesalahan dan perbarui sistem.

Karena itu, informasi yang dapat Nirvanaharapan sampaikan terkait dengan cara mempercepat Windows 10 yang perlu Anda ketahui agar kinerja laptop / komputer Anda lebih baik. Itu saja dan terima kasih.