Cara Tepat Memilih Sepatu Lari

Meskipun tidak ada sepatu lari tunggal yang sempurna untuk semua orang, tips ini akan membantu Anda menemukan sepatu yang cocok untuk Anda.

Kiat # 1: Pilih Sepatu Lari Khusus
Sepatu Lari untuk lari pagi, siang, maupun sore mungkin terlihat seperti sepatu olahraga lainnya, tetapi sepatu itu mengandung teknologi khusus dan fitur desain yang membantu Anda berlari. Dalam berlari, kaki Anda menyentuh tanah pada dasarnya dengan cara yang sama dengan setiap langkah. Tidak seperti sepatu kets, sepatu lari dirancang untuk mencegah cedera akibat gerakan berulang itu dengan menawarkan bantalan khusus untuk membantu penyerapan goncangan, perlengkapan lari pagi ini disertai fitur desain untuk membantu Anda bergerak maju dengan mudah.

Tip # 2: Dapatkan yang Tepat
Jika Anda hanya mempertimbangkan satu faktor ketika memilih sepatu lari, itu harus sesuai dengan apa. Sepatu lari yang tidak pas tidak hanya akan membuat pengalaman berlari Anda menyakitkan, tetapi juga dapat menyebabkan cedera potensial.

Tips Menjalankan Sepatu Fit
Kaki cenderung menyebar saat Anda berlari. Mereka juga cenderung membengkak sedikit sepanjang hari, jadi mencoba sepatu Anda di sore atau malam hari dapat memberikan kecocokan yang lebih akurat.
Untuk mengakomodasi penyebaran kaki, harus ada kira-kira satu lebar ibu jari antara ujung kaki Anda dan ujung sepatu.
Sepatu harus membungkus nyaman di kaki Anda. Seharusnya tidak terjepit atau terasa ceroboh, dan kaki Anda harus dipusatkan pada platform sepatu.
Beberapa sepatu mungkin lebih baik mengakomodasi kaki yang sempit atau lebar. Beberapa sepatu bahkan tersedia dalam pilihan ukuran yang lebih luas atau sempit. Lebar sepatu standar adalah D untuk pria dan B untuk wanita.

Kiat # 3: Pilih Jenis Sepatu Lari yang Tepat
Sepatu lari dirancang dengan tujuan khusus. Anda harus memilih sepatu lari Anda berdasarkan jenis lari apa yang ingin Anda lakukan.

Sepatu lari sehari-hari
Opsi paling serbaguna
Dapat menangani semua menjalankan yang dilakukan kebanyakan orang
Paling tahan lama

Sepatu lari ringan
Terbaik untuk latihan atau balapan yang lebih cepat
Kurang tahan lama dibandingkan sepatu sehari-hari

Sepatu lari trail
Terbaik untuk berlari di tanah
Gumpalan di bagian bawah memberikan pegangan yang lebih baik
Biasanya memiliki bagian atas yang lebih tahan lama

Kiat # 4: Ketahui Apa yang Anda Bayar
Ketika berbicara tentang sepatu lari, harga yang lebih tinggi biasanya berkorelasi dengan lebih banyak teknologi dan fitur kenyamanan, tetapi itu tidak berarti Anda harus membeli sepatu yang paling mahal untuk dapat menikmati lari. Dalam nada yang sama, memilih pasangan yang sangat murah bisa berarti bahwa sepatu tidak dirancang dengan pikiran yang berjalan dan mungkin tidak tahan dengan tuntutan yang berlari pada mereka.

Sepatu lari berkualitas umumnya berkisar harga dari sekitar $ 100 hingga $ 250. Anda harus membayar dalam kisaran harga $ 110 hingga $ 150 untuk sepatu lari yang sangat cocok untuk kebutuhan harian kebanyakan pelari.

Kiat # 5: Kenali Lingo
Tinggi tumpukan
Tinggi tumpukan adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada jumlah bahan antara kaki Anda dan tanah. Ketinggian tumpukan dapat berkisar dari bertelanjang kaki, atau bantalan minimal, hingga maksimal, atau sangat bantalan. Sebagian besar sepatu lari berada di tengah-tengah spektrum setinggi tumpukan.

Orang yang lebih suka berlari dengan sepatu dengan bantalan minimal, atau tinggi tumpukan rendah, menikmati merasakan tanah daripada bantalan. Mereka juga menghargai apa yang mereka gambarkan sebagai pengalaman berlari yang lebih alami. Orang yang lebih suka berlari dengan sepatu dengan bantalan maksimal, atau tinggi tumpukan, menikmati pengalaman berlari yang mewah dengan banyak perlindungan benturan.

Jatuhkan Tumit-Toe
Heel-toe drop menggambarkan perbedaan antara jumlah bahan di bawah tumit dan jumlah bahan di bawah pijakan depan sepatu lari.

Kebanyakan sepatu lari memiliki lebih banyak bahan di bawah tumit untuk mengakomodasi langkah di mana tumit adalah bagian pertama dari kaki yang menyentuh tanah. Ini membantu menyerap dampak pendaratan. Sepatu lari dengan drop tumit-jari kaki bawah memiliki ketebalan yang lebih seragam dari bahan di bawah seluruh kaki. Ini mempromosikan langkah di mana bagian tengah atau depan kaki menyentuh tanah terlebih dahulu.

Kontrol Pronasi
Sepatu lari dapat diklasifikasikan sebagai sepatu netral atau sepatu stabilitas. Sepatu lari netral merupakan 80% dari sepatu lari. Model-model ini menawarkan pilihan terbesar dan terbaik untuk sebagian besar pelari.

Sepatu lari stabilitas mengandung teknologi yang dirancang untuk mengoreksi kelebihan berlebih. Overpronasi terjadi ketika pergelangan kaki menggulung ke dalam berlebihan dengan setiap langkah, yang dapat meningkatkan kemungkinan cedera Anda.