pinjam uang

Ini Serius, 6 Alasan Jangan Meminjam Uang Ke Teman

Memiliki hubungan pertemanan yang indah adalah sebuah anugerah yang pasti tidak akan disia-siakan.Teman yang baik akan selalu ada saat kita membutuhkan pertolongan dan akan merasa simpati saat kita terkena musibah.

Namun, jika sudah menyangkut masalah ekonomi pasti Anda juga akan merasa sedikit canggung untuk meminta bantuan kepada teman Anda, misalnya saja saat Anda butuh uang dan Anda berniat ingin meminjam kepada teman Anda, pasti Anda akan disergap oleh perasaan tidak enak bahkan saat belum melakukannya.Untuk itu sebisa mungkin untuk tidak berhutang kepada teman.

Kenapa?

Ketahui alasan jangan meminjam uang ke teman pada lanjutan artikel di bawah ini.

6 Alasan Jangan Meminjam Uang Ke Teman

  • Perjanjian Kurang Meyakinkan
kontrak-meragukan

Jika meminjam kepada teman perjanjian yang ditetapkan kurang resmi dan kurang meyakinkan.Perjanjian semacam ini bisa saja diabaikan karena menganggap perjanjian yang tidak resmi pasti dampak pelanggarannya juga mudah.

Selain itu, perjanjian yang kurang resmi tidak bisa menentu juga jumlah biaya atau waktu pelunasannya.Dan yang dirugikan bukannya Anda tapi cenderung teman Anda.Jangan mengambil keuntungan karena itu sama saja Anda melanggar perjanjian dan bisa berpengaruh buruk kepada Anda.Semua ada karmanya bukan?

  • Penagihan Hutang Bisa Tiba-Tiba
menagih hutang

Seperti yang sudah disinggung, Anda juga akan mengalami kerugian pada masalah pelunasannya.Penentuan pelunasan yang tidak jelas bisa saja membuat teman Anda menagih hutang yang Anda pinjam dengan tiba-tiba.

Jika dia menagih Anda saat Anda dalam keadaan memiliki uang tak apa, tapi pikirkan kemungkinan buruknya.Teman menagih hutang Anda dan Anda tidak punya uang, tentu saja Anda akan mengalami kesulitan untuk segera melunasinya.

Jangan sekali-kali untuk menjadi galak ketika teman Anda menagih hutang kepada Anda, bicarakan secara baik-baik.Drama seperti itu sudah tidak berlaku dijaman sekarang ini.Berpikirlah secara rasional.

  • Lupa Bisa Mengacaukan Segalanya
lupa-hutang

Lupa memang suatu hal yang sangat menyebalkan, akan sangat besar dampaknya jika kita sampai lupa punya hutang kepada teman.Ini merupakan salah satu akibat jika tidak ada perjanjian yang jelas sedari awal.

Kita akan cenderung meremehkan dan pada akhirnya lupa jika ada hutang dan membuat kita terlena untuk menikmati uang itu seolah-olah itu uang hasil kerja sendiri.

Ini akan sangat merugikan untuk  Anda.Kelupaan ini bisa membuat Anda tidak mempersiapkan uang untuk melunasi uang yang dipinjam, dan akibatnya akan kalang kabut saat proses penagihan.

  • Di Hantui Ketidaknyamanan Moral
tidak nyaman

Berhutang bisa membuat seseorang menjadi stress.Pasti sebagai penghutang kita atau Anda semua akan merasa dihantui perasaan berbalas budi.

Ya, semuanya bisa menjadi canggung  jika kita punya hutang kepada teman.Saat bersama teman, kita tidak bisa mengobrol dengan lugas dan ada perasaan harus tunduk kepada teman kita.Tentu itu semua sangat menyiksa.

Siksaan seperti ini yang juga bisa membuat Anda seperti enggan untuk bertemu dengan teman Anda, karena Anda merasa jika melihat teman Anda maka Anda akan langsung teringat oleh hutang-hutang yang dimiliki.

Moral Anda bisa tertekan dan bisa mengaggu kesehatan Anda.

  • Bisa Menganggu Hubungan
hubungan-renggang

Ini adalah dampak terbesar yang bisa timbul jika meminjam uang kepada teman.Apabila Anda sebagai penghutang belum bisa memiliki uang untuk melunasi sedangkan teman Anda juga sedang butuh uang dampak terburuknya bisa terjadi adu mulut yang pada akhirnya bisa membuat Anda dan teman Anda hubungannya bisa kompleks.

Memang siapapun itu pasti tidak mau hubungannya menjadi renggang, tapi Anda harus berpikir dampak positifnya untuk mengantisipasi hal tersebut.

  • Terkadang Jumlah Tidak Seperti Yang Dibutuhkan
uang-kurang

Jika meminjam uang kepada teman bisa menjadi solusi terbaik maka bisa dilakukan.Tapi, jumlah keuangan teman Anda belum tentu seperti apa yang Anda bayangkan.Bisa saja teman Anda mau membantu meminjamkan uang tapi belum pasti uangnya akan sama seperti yang Anda butuhkan.

Jika sudah seperti itu otomatis Anda harus mencari pinjaman lain untuk kembali memenuhi uang yang Anda butuhkan.Dan berhutang dibanyak tempat sekaligus bukanlah hal yang bagus.

Masih yakin ingin berhutang kepada teman Anda?

Semua keputusan berada dalam tangan Anda.Saya juga akan memberikan solusi tambahan yang semoga bisa berguna untuk Anda.

Saat ini ada banyak tawaran gadai BPKB mudah bunga kecil.Nah, bagi Anda yang benar-benar butuh uang dan punya kendaraan, kenapa tidak memilih jalur aman saja?

Semoga Bermanfaat.