kewajiban-belajar-agama-bagi-seorang-muslim

Kewajiban Belajar Agama Bagi Seorang Muslim

Kewajiban Belajar Agama Bagi Seorang Muslim

Artikel di bawah kami tulis ulang dari https://penaungu.com

Syariat agama islam adalah mencakup semua lini kehidupan, dan syariat mengajarkan semuanya dari bangun tidur sampai tidur kembali. Semua sudah ada contohnya dari baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, dan kita hanya di suruh untuk mengikutinya saja.

Pertanyaannya sekarang adalah, apakah kita sudah mengetahui semua syariat islam tersebut dan jika sudah mengetahui apakah sudah kita amalkan?, itulah tantangan seorang muslim, yaitu untuk mengamalkan ilmu yang sudah di kuasai nya.

Lalu bagaimana dengan orang yang tidak mengetahui ilmu syari ini, jangankan mengamalkan wong tahu juga tidak, inilah inti dari kewajiban menuntut ilmu agama dalam islam.

Wajibnya Menuntut Ilmu

Dalam syariat islam, kewajiban menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap individu, dan ini adalah kewajiban yang tidak di anggap wajib oleh sebagian kaum muslimin sehingga mereka tidak meluangkan waktu untuk belajar ilmu agama.

Dan ini adalah kesalahan fatal, karena berapa banyak dosa yang mereka tidak ketahui, sehingga mereka melakukan dosa tanpa merasa bersalah, karena memang mereka tidak tahu apa yang dilakukannya adalah perbuatan dosa.

Dakwahkan Pentingnya Ilmu

Lalu bagaimana mengatasi permasalahan ini?

Jawabannya adalah dengan dakwah, yaitu dakwah mengajak orang untuk datang ke majelis ilmu, dan ini merupakan kewajiban kita semua yang sudah paham akan kewajiban menuntut imu.

Dakwah kan dengan lemah lembut agar masyarakat mau mendatangi majelis ilmu, dan yang pertama harus kita dakwah kan adalah kerabat atau keluarga terdekat kita, karena keluarga akan sangat mudah untuk mendengarkan nasihat atau dakwah kita.

Jika sudah banyak masyarakat kita yang paham akan kewajiban menuntut ilmu maka penting juga untuk mempelajari adab dalam belajar agar kegiatan belajar yang kita lakukan memberikan dampak positif dan keberkahan.

Jangan sampai kegiatan belajar hanya untuk di sebut sebagai ahli ilmu yang akan memberikan sifat sombong dan jika sudah begini maka tidak akan bermanfaat apa yang di pelajari nya.

Adab Menuntut Ilmu

Dibawah akan kami tuliskan secara singkat apa saja adab yang harus di lakukan di dalammajelis ilmu.

Niat ikhlas karena ALLAH Subhana Hu Wataala, jangan jadikan niat lain yang melandasikita belajar, tapi landasi niat karena ALLAH semata.

Membaca doa, jangan pernah lupa untuk membaca doa yaitu dengan doa sebelum belajar atau minimal kita membaca Basmallah.

Diam dan simak apa saja yang di sampaikan di dalammajelis ilmu, jangan banyak gerak dan melakukan hal hal siai sia yang akan memalingkan kita dari pemahaman pemateri.

Catat ilmu yang di sampaikan oleh ustadz dengan rapi, dan catat point intinya saja, agar mudah.

Membaca doa setelah belajar, agar keslahan kita selama menuntut ilmu di ampuni oleh ALLAH Subhana Hu Wataala.

baca ulang catatan dari kajian, Setelah sampai rumah ulangi dengan membaca catatan kita agar kita hafal betul dan dengan pemahaman yang betul juga.

Amalkan adab tersebut dan niscaya akan menempelilmu kita dan akan bisa merubah kehidupan kita ke jalan yang lebih baik lagi.